Selasa, 23 September 2014

Lumajang Kota Pisang


Alun-alun kota Lumajang


Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kota kecil bagian dari provinsi Jawa Timur yang letaknya berada di sebelah timur. Lumajang berbatasan langsung dengan Probolinggo untuk sebelah utara, Jember sebelah timur, Samudera hindia sebelah selatan dan Kabupaten Malang sebelah barat
Kabupaten Lumajang dalam sejarahnya identik dari kehidupan masyarakat di Lereng Gunung Semeru (Mahameru), Gunung ini sangat dihormati, karena mereka beranggapan bahwa Gunung Semeru adalah gunung Suci dan tempat bersemayamnya para dewa.

Objek Wisata yang ada di Lumajang

Air terjun Goa Tetes
Air terjun goa tetes terletak di dusun Krajan, desa Sidomulyo,  kecamatan Pronojiwo. atau sekitar 55 km arah selatan Kabupaten Lumajang. Goa Tetes memberikan panorama alami yang menyejukkan mata dengan keindahan stalakit dan stalakmit di dinding goa. dengan jatuhnya air dari atas pncak goa.

Pura Mandagiri Semeru Agung, Senduro Lumajang

Pura ini berdiri pada tahun 1969 dengan pembangunan bertahap, pura ini digunakan sembahyang oleh masyarakat Hindu di daerah Lumajang maupun dari luar Lumajang seperti Bali.

Kebudayaan Khas Kota Lumajang
Kuda Kencak Khas Lumajang

Kuda kencak merupakan budaya khas Lumajang sejak dulu namun saat ini masih dalam perkembangan . kesenian ini sering digelar setiap 1 tahun sekali pada acara Hari Jadi Lumajang ataupun hajatan. Kuda kencak merupakan kuda yang dihias kemudian saat dibunyikan suara gamelan, maka kuda tersebut akan menari.

Makanan Khas Lumajang


kripk pisang merupakan salah satu makanan khas dari kota Lumajang. Rasa dari kripik pisang ini berbeda dari daerah lain karena pisang yang digunakan sangat khas, yaitu pisang Agung. teksur kripik pisang ini manis, lembut, dan renyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar